ENGLISH PRE-SERVICE TEACHERS’ CHALLENGES IN TEACHING PRACTICUM DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY IN INDONESIAN EFL CONTEXT

CAHYATI, CAHYATI (2022) ENGLISH PRE-SERVICE TEACHERS’ CHALLENGES IN TEACHING PRACTICUM DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY IN INDONESIAN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-Cover.pdf

Download (204kB)
[img] Text
2-Lembar Pengesahan Dekan.pdf

Download (163kB)
[img] Text
3-Lembar Penguji.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4-Lembar Pernyataan.pdf

Download (159kB)
[img] Text
5-Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
6-Abstract.pdf

Download (151kB)
[img] Text
8-Acknowledgement.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9-Table of Contents.pdf

Download (174kB)
[img] Text
10-List of Tables.pdf

Download (4kB)
[img] Text
11-List of Enclosures.pdf

Download (5kB)
[img] Text
12-Chapter 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
13-Chapter 2.pdf

Download (109kB)
[img] Text
14-Chapter 3.pdf

Download (137kB)
[img] Text
15-Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
16-Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
17-References.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK CAHYATI, 2022. “ENGLISH PRE-SERVICE TEACHERS’ CHALLENGES IN TEACHING PRACTICUM DURING COVID-19 PANDEMIC: A CASE STUDY IN INDONESIAN EFL CONTEXT”. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan dan solusi potensial dilihat dari perspektif guru praktikan dalam praktik pengajaran online. Studi kasus kualitatif digunakan sebagai metode penelitian. Partisipannya adalah tiga orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan wawancara semi terstruktur. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan kerangka analisis tematik dari Braun dan Clarke (2006). Hasil penelitian menemukan dua tema, yaitu (1) tantangan dalam praktikum mengajar dan (2) solusi potensial. Tantangan tersebut dikumpulkan dalam empat sub-tema: (1) tantangan dalam komunikasi, (2) tantangan dalam memberikan instruksi, (3) tantangan terkait siswa, dan (4) tantangan dalam menerima dukungan. Temuan juga mengidentifikasi solusi potensial untuk tantangan yang mereka alami ke dalam empat sub-tema, yaitu: (1) efikasi diri guru praktikan, (2) menciptakan manajemen kelas yang baik (3) bimbingan guru pamong, dan (4) komunikasi guru praktikan yang baik. Kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memberikan pembaca wawasan empiris tentang tantangan yang dihadapi oleh guru praktikan dalam praktik pengajaran online dan bagaimana mereka mengatasinya. Kata Kunci: guru praktikan, praktikum mengajar, tantangan dan solusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:46
Last Modified: 16 Feb 2023 02:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item