RAHAYU, FITRIA PANGESTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DI KELAS XI IPS 2 MA NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (297kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (166kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (189kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (222kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (422kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK FITRIA PANGESTI RAHAYU, 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DI KELAS XI IPS 2 MA NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi perang melawan penjajahan Belanda di kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Banyumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Bayumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksprerimen desain Non�Equivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 70 siswa, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, kemudian kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampelnya berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa angket dan lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang didapat dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol nilai rata-rata pretest adalah 73,14 dan nilai posttest adalah 77,71. Sedangkan pada kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen nilai rata-rata pretest adalah 77,5 dan nilai posttest adalah 82,29. Hasil uji hipotesis yang diperoleh adalah nilai Sig.(2-tailed) 0,024 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi perang melawan penjajahan Belanda di kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Banyumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 07:28 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 07:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8614 |
Actions (login required)
View Item |