PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

ILEMA, RESTY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (234kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (747kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (677kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

ABSTRAK Resty Ilema. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan perkembangan abad 21 dan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah. Proses pembelajaran siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 7 Tasikmalaya kurang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis. Metode penelitian adalah metode eksperimen kuantitatif quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA dengan jumlah 172 siswa dan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data untuk pretest dan posttest dalam mengukur keterampilan berpikir kritis siswa adalah soal pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelas tersebut normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:18
Last Modified: 14 Feb 2023 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item