EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

UTARI, YUSNA MEGAWATI (2023) EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (566kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (389kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (547kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (387kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Yusna Megawati Utari. 2022. EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Kurangnya aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode brainstorming terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 7 kelas dengan jumlah 252 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:48
Last Modified: 13 Feb 2023 07:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8545

Actions (login required)

View Item View Item