PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Ropik, Dul Amin (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (299kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (523kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (604kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Dul Amin Ropik, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Teks Berita. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah dan menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Kenyataan, peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 masih banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam menelaah dan menyajikan teks berita. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua terjadi peningkatan. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 22 orang (71%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 9 orang (29%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 24 orang (77%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 7 orang (23%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 31 orang (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai menelaah dan menyajikan teks berita pada siklus kesatu dan siklus kedua menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah dan menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:41
Last Modified: 13 Feb 2023 06:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item