PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHICS MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MATERI FLUIDA STATIS (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

LUKMAN, ANNISA FITRIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHICS MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MATERI FLUIDA STATIS (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (49kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Fitria Lukman. 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHICS MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar fisika siswa adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis motion graphics menggunakan software Adobe After Effect melalui pendekatan contextual teaching and learning yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika materi fluida statis kelas XI IPA SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah analyze, design, development, dan implementation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada satu orang guru fisika kelas XI IPA, studi literatur, angket uji validitas media dan materi kepada validator ahli, serta angket uji kepraktisan kepada siswa kelas XI IPA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Tasikmalaya dengan teknik analisis data yang dilakukan berupa analisis deskriptif terhadap analisis kebutuhan guru dan siswa serta angket dari hasil uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis motion graphics dengan pendekatan contextual teaching and learning valid dan sangat praktis digunakan oleh siswa kelas XI IPA dengan hasil perhitungan indeks Aiken ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 0,8 dan 0,76 dengan kriteria valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 86% dengan kriteria sangat praktis. Kata Kunci: Adobe After Effect, Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran, Motion Graphics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:37
Last Modified: 14 Feb 2023 00:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item