PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Pada Sub Materi Potensi dan Sebaran Sumberdaya Alam)

RAHADIPUTRA, RENDY (2023) PENGGUNAAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Pada Sub Materi Potensi dan Sebaran Sumberdaya Alam). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK RENDY RAHADIPUTRA. 2023. Penggunaan Bahan Ajar Geografi Berbasis E-Book Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya pada Sub Materi Potensi dan Sebaran Sumberdaya Alam). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwagi. Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini yaitu masih belum digunakannya bahan ajar yang dapat menunjang siswa dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sebagaimana mestinya serta dalam penyesuaian strategi pembelajaran yang dibutuhkan serta sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang dilteliti mengenai proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran daring dan pengaruh penggunaan bahan ajar e-book dalam upaya peningkatan literasi digital siswa dari sisi aspek kognitif. Permasalahan tersebut diajukan dalam upaya untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran Geografi dengan menggunakan bahan ajar Geografi berbasis e-book serta pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan bahan ajar terhadap kemampuan literasi digital siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu bahan ajar geografi berbasis e-book sebagai variabel bebas dan literasi digital sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan deskrptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur dan tes menggunakan desain penelitian Subject Random Design Pretest-Postest Group dengan random sampling yang terdiri dari 23 siswa dari 34 siswa kelas kontrol dan 21 siswa dari 35 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan uji normalitas dan homogenitas data kemudian dilanjutkan dengan uji statistika non-parametrik menggunakan U-Mann Whitney dan Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian terlaksananya langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar geografi berbasis e-book dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa dengan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi serta pre-test dan post-test diawal dan dipertemuan akhir. Hasil uji analisis dengan nilai Sig pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 0,063 lebih besar dari 0,05 yang menyatakan penggunaan bahan ajar geografi berbasis e-book tidak berpengaruh terhadap peningkatan literasi digital siswa. Kata Kunci: E-Book, Pembelajaran Daring, Literasi Digital

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 09:17
Last Modified: 10 Feb 2023 09:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item