ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS AKIBAT HAMBATAN SAMPING BERDASARKAN PEMODELAN GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD (Studi Kasus: Jalan Ir. H. Juanda Kabupaten Cirebon)

OKTAVIANI, FITRI LESTARI (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK LALU LINTAS AKIBAT HAMBATAN SAMPING BERDASARKAN PEMODELAN GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD (Studi Kasus: Jalan Ir. H. Juanda Kabupaten Cirebon). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Jalan Ir. H. Juanda merupakan salah satu jalan lokal yang cukup padat di Kabupaten Cirebon akibat adanya aktivitas samping jalan. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan lebar efektif jalan menjadi berkurang sehingga kecepatan perjalanan menjadi rendah dan selanjutnya berdampak pada tundaan dan kemacetan arus lalu lintas. Perencanaan jalan dibutuhkan untuk memperhitungkan kendaraan rencana yang akan melalui jalan, kecepatan rencana, volume dan kapasitas jalan, dimana parameter-parameter tersebut merupakan faktor penentu dalam karakteristik lalu lintas. Dalam menentukan hubungan karakteristik lalu lintas digunakan tiga model pendekatan, yaitu Greenshield, Greenberg, dan Underwood. Dari hasil penelitian dan analisis data dengan kondisi arus lalu lintas yang bervariasi, ketiga model menghasilkan nilai yang cukup baik. Namun, berdasarkan pengujian statistik, model Greenberg mendapatkan nilai r2 yang paling baik. Pada lalu lintas arah barat, nilai arus maksimum mencapai 3945,395 skr/jam terjadi pada kecepatan 15,02 km/jam dan kepadatan 197,09 skr/km. Pada lalu lintas arah timur, arus maksimum sebesar 3572,371 skr/jam terjadi pada kecepatan 15,29 km/jam dan kepadatan 189,50 skr/km. Kata Kunci: Greenberg, Greenshield, Karakteristik, Underwood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:07
Last Modified: 09 Feb 2023 08:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8481

Actions (login required)

View Item View Item