ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 5 GARUT (Survey Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 5 Garut Pada Mata Pelajaran Ekonomi)

Putri, Yosi Permadi (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 5 GARUT (Survey Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 5 Garut Pada Mata Pelajaran Ekonomi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR DIAGRAM, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (229kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Yosi permadi putri. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMAN 5 Garut” (survey terhadap peserta didik kelas XI di SMAN 5 GARUT pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas siliwangi tasikmalaya. Dibawah bimbingan Gugum Gumilar, S.Pd., M.Pd dan Iis Aisyah, S.Pd., M.Pd. Dalam penelitian ini terkait kesulitan belajar peserta didik yang menjadikan peserta didik menjadi sulit dalam belajar khususnya setelah terjadinya pandemic Covid-19 yang berdampak terhadap persekolahan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dominan yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas XI di SMAN 5 Garut tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMAN 5 Garut dengan jumlah peserta didik berjumlah 138 peserta didik dari kelas XI IPS 1 sampai kelas XI IPS 4. Pada sampel penelitian menggunakan sampel jenuh atau dapat disebut dengan penelitian populasi karena menggunakan seluruh populasi dijadikan sampel. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Pearson dan uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis Deskriptif Persentase dan analisis faktor dengan menggunakan Confirmatory Faktor Analysis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 faktor internal yang membentuk menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik dengan secara berurutan bahwa faktor minat peserta didik dengan nilai persentase 39,1% dan nilai eigenvalue sebesar 6,361 serta nilai variance sebesar 45,43%, faktor intelegensi dengan nilai persentase 37,0% dan nilai eigenvalue sebesar 1,528 serta nilai variance sebesar 10,91%, faktor Kesehatan mental dengan nilai persentase 36,2% dan nilai eigenvalue sebesar 1,161 serta nilai variance sebesar 8,29%. Sedangkan pada faktor eksternal terdapat 2 faktor yang membentuk menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik dengan secara berurutan bahwa faktor guru peserta didik dengan nilai persentase 39,9% dan nilai eigenvalue sebesar 3,204 serta nilai variance sebesar 45,77%, faktor orang tua peserta didik dengan nilai persentase 33,3% dan nilai eigenvalue sebesar 1,185 serta nilai variance sebesar 16,93%. Kata kunci : analisis faktor konfirmatori dan persentase, kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:01
Last Modified: 09 Feb 2023 01:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item