EXPLORING EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE GENERAL ENGLISH E-LEARNING TRAINING PROGRAM HELD BY A UNIVERSITY LANGUAGE CENTRE IN INDONESIA

LESTARI, SUCI CITRA (2022) EXPLORING EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE GENERAL ENGLISH E-LEARNING TRAINING PROGRAM HELD BY A UNIVERSITY LANGUAGE CENTRE IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS, LIST OF TABLES, LIS OF ENCLOSURES.pdf

Download (166kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (283kB)

Abstract

ABSTRAK SUCI CITRA LESTARI. 2022. Exploring EFL Students’ Perceptions toward the General English E-Learning Training Program Held by a University Language Centre in Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini berfokus pada persepsi mahasiswa EFL terhadap program pelatihan E-learning Bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program pelatihan tersebut. Studi kasus eksploratif digunakan sebagai metode penelitian. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk memperoleh data. Terdapat empat peserta yang terlibat dalam penelitian ini; mereka adalah empat mahasiswa sarjana yang telah mengikuti salah satu program pelatihan E-Learning Bahasa Inggris yang bertajuk “General English for Students (GES)” 2021 yang diadakan oleh UPT Bahasa di salah satu universitas di Tasikmalaya. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ceramah guru dalam program “GES” menyenangkan karena telah menyediakan instruktur yang berkualitas yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan materi, arahan, dan umpan balik dalam sesi pelatihan. Di sisi lain, kurangnya informasi yang diperoleh dalam penjelasan singkat menyebabkan arahan tidak dapat dipahami dengan sempurna. Lalu, penerapan sistem pembelajaran daring dalam program “GES” ini efektif, proses pembelajaran daring menyenangkan karena instruktur menambahkan media dan permainan yang inovatif selama proses pembelajaran. Kemudian, materi pembelajaran dilakukan secara bertahap dari dasar hingga kompleks, sehingga memudahkan peserta untuk memahaminya. Selain itu, di akhir pembelajaran, evaluasi yang diberikan berupa tes akhir dapat membantu peserta untuk mengetahui sejauh mana kemajuan mereka. Pada akhirnya, disarankan kepada para instruktur untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengatur waktu selama proses pelatihan, dan agar lebih memperhatikan pemantauan pemahaman peserta. Kata Kunci: Program pelatihan bahasa Inggris, E-Learning, Persepsi Siswa, Kerangka Komunitas Penyelidikan, Siswa EFL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:44
Last Modified: 08 Feb 2023 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8430

Actions (login required)

View Item View Item