PUSPITASARI, ERNA (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (221kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (189kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (245kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (629kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
ABSTRAK ERNA PUSPITASARI. 2022. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmlaya. Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Heti Suherti, Dra., M.M dan Ibu Sri Hardianti Sartika, M.Pd. Fokus penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya sebanyak 205 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan dua kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning & dua kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan metode ceramah dengan sampel 136 siswa. Teknik pengumpulan data dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Pengolahan data dengan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test & uji Independent Sample T-test. Uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model konvensional sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan model Problem Based Learning dan model konvensional. Uji hipotesis perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,002 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Dengan demikian, implikasi penerapan model problem based learning sebagai alternatif model konvensional dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 00:33 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 00:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8427 |
Actions (login required)
View Item |