Widiani, Hartin (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY INTERAKTIF PENGENALAN BANGUN RUANG 3D MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
00 COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
01 LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR FIX.pdf Download (204kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI FIX.pdf Download (195kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN FIX.pdf Download (167kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
05 ABSTRACT FIX.pdf Download (6kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (78kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (13kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (202kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (98kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAK Media pembelajaran yang banyak dilakukan saat ini hanya menggunakan buku sehingga program pendidikan tidak tercapai dan materi yang disampaikan terkesan biasa. Tidak sedikit orang yang kurang menyukai membaca buku pelajaran terutama anak-anak. Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih dapat mendukung dunia pendidikan juga dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi Augmented Reality yang merupakan terobosan baru dalam dunia global. Metode pembelajaran seperti ini dapat membuat anak-anak lebih semangat dalam belajar karena selama ini metode pembelajaran yang dikenalkan kepada siswa bersifat konvensional. Implementasi Augmented Reality Interaktif Pengenalan Bangun Ruang 3D menggunakan Marker Based Tracking merealisasikan sebuah sistem berupa sarana pengenalan bangun ruang dengan menampilkan objek 3 dimensi dan menambahkan penjelasan menggunakan suara yang dirancang menarik untuk menambah minat belajar anak sekolah. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan yaitu metodologi luther sutopo, maka terwujudlah suatu media pembelajaran bangun ruang 3D berbasis android. Hasil pengujian aplikasi mendapatkan nilai uji coba kelayakan sebesar 83,29% yang dimana nilai tersebut dapat dikaterikan dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Kata kunci: Android, Augmented Reality, Bangun ruang 3D, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 04:09 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8408 |
Actions (login required)
View Item |