HUBUNGAN SELF CONFIDENCE TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

HERMAWATI, ELLY (2023) HUBUNGAN SELF CONFIDENCE TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

ABSTRAK ELLY HERMAWATI, 2023. HUBUNGAN SELF CONFIDENCE TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pengetahuan metakognitif merupakan aspek penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun pengetahuan metakognitif sering sekali diabaikan, padahal sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, self confidence juga sangat penting untuk dimiliki oleh setiap peserta didik sehingga dapat lebih berani atau merasa percaya diri dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya. Self Confidence merupakan sikap positif seorang individu yang merasa memiliki kompetensi atau kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap dirinya maupun lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self confidence dengan pengetahuan metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak delapan kelas yang terdiri 307 peserta didik. Sampel penelitian diambil dari kelas X MIPA 2 sebanyak 39 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket self confidence terdiri dari 40 pernyataan dan angket metakognitif terdiri dari 51 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji regresi korelasi bivariat sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara self confidence dengan pengetahuan metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,361 yang termasuk kedalam kategori rendah, dan didapat juga nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,131 atau 13,1%. Dapat disimpulkan bahwa variabel self confidence memberikan kontribusi sebesar 13,1% terhadap pengetahuan metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi. Kata kunci: self confidence; pengetahuan metakognitif; pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:07
Last Modified: 08 Feb 2023 02:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8384

Actions (login required)

View Item View Item