Muhammad, Rifki (2022) ANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS CERITA PENDEK DALAM ANTOLOGI CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI KELAS XI (Penelitian Deskriptif Analitik terhadap Unsur Intrinsik Teks Cerpen). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (353kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (185kB) |
|
Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. Bab 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
6. Bab 2.pdf Download (602kB) |
|
Text
7. Bab 3.pdf Download (511kB) |
|
Text
8. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) |
Abstract
ABSTRAK Rifki Muhammad. 2022. Analisis Unsur Intrinsik Teks Cerita Pendek dalam Antologi Cerpen Pilihan Kompas 2020 sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerpen di Kelas XI. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembelajaran bahasa Indonesia ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks dalam kurikulum 2013 revisi. Teks cerpen termasuk ke dalam pembelajaran berbasis teks perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pemilihan bahan ajar merupakan persoalan penting dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Berdasarkan realitas pendidikan di lapangan, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah masih menggunakan sumber belajar yang belum variatif. Dengan demikian, risikonya sangat dimungkinkan jika bahan ajar yang dipakai itu tidak kontekstual, tidak menarik, monoton, dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada akhirnya, peserta didik akan merasa bosan mengikuti proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang dilaksanakan untuk memaparkan kesesuaian teks cerita pendek dari aspek unsur intrinsik, kriteria bahan ajar, serta memaparkan dapat atau tidaknya teks cerita pendek dalam antologi Cerpen Pilihan Kompas 2020 dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XI. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan analisis struktural, Sumber data penelitian ini adalah teks cerita pendek dari buku kumpulan teks cerita pendek yang berjudul antologi Cerpen Pilihan Kompas 2020, teks cerita pendek yang diambil sebanyak sampel total enam5 teks cerita pendek. Instrumen analisis berupa kesesuaian unsur intrinsik, instrumen kesesuaian kriteria bahan ajar, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian unsur intrinsik teks cerita pendek, kesesuaian dengan bahan ajar, dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XI. Hasil akhir dari analisis menghasilkan bahan ajar berupa LKPD yang di uji kelayakan kepada tenaga pendidik, uji ahli, serta peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:55 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8353 |
Actions (login required)
View Item |