ROSANTI, RIDA (2022) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
lembar pengesahan rida.pdf Download (606kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text
4_kata pengantar,daftar isi, daftar tabel, pernyataan.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK RIDA ROSANTI 2022. PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK ( STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, M.Pd, dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 3 Tasikmalaya yaitu masih banyaknya peserta didik yang memiliki pemahaman konsep yang rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pra penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model collaborative learning MURDER. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu yang di dalamnya terdapat pelaksanaan pretest di minggu 1, posttest di minggu ke 5 untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta di minggu ke 2 sampai ke 4 melaksanakan pembelajaran di kelas eksperimen diberikan treatment dengan menggunakan model pembelajaran collaborative learning MURDER dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan sekolah sehingga untuk sampel terdiri dari 71 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan perhitungan SPSS versi 26 Kata Kunci : Collaborative Learning MURDER, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:02 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8341 |
Actions (login required)
View Item |