FATIMAH, SITI (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TERINTEGRASI KEISLAMAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1,. Cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
2. Abtrak.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
4. Kata Pengntar & Daftar Isi.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
5. Bab 1.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
6. Bab 2.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
7. Bab 3.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
8. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
9. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK SITI FATIMAH. 2022. PENGEMBANGAN MODUL MATEMTIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TERINTEGRASI KEISLAMAN. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika cetak berbasis game edukasi pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) terintegrasi keislaman yang di desain secara digital dengan berbantuan Canva.. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan penyebaranangket. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar validasi instrumen, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli instruksional modul dan angket respon peserta didik. Sumber data penelitian terdiri dari empat orang ahli materi bidang matematika, satu orang ahli materi bidang keislaman, satu orang ahli instruksional modul dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil daripenelitian ini adalah modul matematika cetak yang memuat konten game edukasi pada mtaeri SPLTV dilengkapi dengan integrasi keislaman. Kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli materi bidang Matematika, validasi ahli materi bidang keislaman, dan berdasarkan hasil validasiahli instruksional modul menunjukkan kriteria validitas “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik terhadap modul yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “Sangat Positif” dengan presentase 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis game edukasi pada materi SPLTV terintegrasi keislaman sangat layak digunakan dengan respon peserta didik yang sangat positif. Kata kunci: pengembangan modul matematika, game edukasi, SPLTV, keislaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 08:11 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 08:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |