HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE (LO) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

AZZAHRA, LINGGAFATIMAH (2022) HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE (LO) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan asli cap dekan (1).pdf

Download (181kB)
[img] Text
surat keterangan revisi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA PERNYATAAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA ABSTRAC.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA BAB 1 (2).pdf

Download (186kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA BAB 2 (2).pdf

Download (201kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA BAB 3..pdf

Download (126kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA BAB 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LINGGAFATIMAH AZZAHRA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK LINGGAFATIMAH AZZAHRA. 2022. HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE (LO) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pada pembelajaran matematika di sekolah materi bangun ruang sisi datar merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh peserta didik, karena peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan berhitung dan menghafal rumus-rumus. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan di kelas VIII KBP diketahui hanya berpusat kepada guru yang memberikan materi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi learning obstacle yang dialami peserta didik dan merancang hypothetcial learning trajectory untuk mengatasi learning obstacle yang di temukan pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode DDR (Didactical Design Research). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 15 Ciamis dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII KBP. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu LKPD, bahan ajar, dan lembar soal materi bangun ruang sisi datar. Adapun langkahlangkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melakukan tes observasi learning obstacle, melakukan perancangan hypothetical learning trajectory yang diimplementasikan kedalam bahan ajar, kemudian menganalisis hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam learning obstacle tipe 1 yaitu peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami konsep unsurunsur yang ada pada prisma dan limas. Pada learning obstacle tipe 2 peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar. Kemudian pada learning obstacle tipe 3 peserta didik mengalami kesulitan dalam mencari luas permukaan limas dan prisma. Penerapan hypothetical learning trajectory yang telah dirancang pada penelitian ini dapat mengatasi learning obstacle yang ditemukan dengan melibatkan rangakaian aktivitas guru, prediksi respon peserta didik, dan antisipsi didaktis pedagogis. Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, Learning obstacle, Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:59
Last Modified: 07 Feb 2023 00:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item