Amanah, Pitya Nazamatul (2022) Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (411kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (344kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (611kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (976kB) |
|
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Pitya Nazamatul Amanah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022), Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 13 Tasikmalaya yang belum mampu menelaah dan menyajikan teks eksplanasi, Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang belum mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran Concept Sentence.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 13 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan datanya yaitu, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan beberapa tahapan : perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, deskripsi hasil, analisis dan refleksi hingga mencapai nilai peserta didik yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks eksplanasi siklus I, peserta didik yang memperoleh nilai KKM sebanyak 16 orang (52%), sedangkan 15 orang (48%) lainnya belum memcapai nilai KKM. Pada siklus II semua peserta didik telah 100% mencapai nilai KKM. Sementara itu, hasil pembelajaran menyajikan teks eksplanasi siklus I menunjukkan peserta didik yang memperoleh nilai KKM adalah 18 orang (58%)sedangkan 13 orang (42%) lainnya belum mencapai nilai KKM. Pada siklus II semua peserta didik telah 100% mencapai nilai KKM. Sesuai dengan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Concept Sent
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 00:58 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 00:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8315 |
Actions (login required)
View Item |