PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Plus Gunung Jembar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Komariah, Syifa Nurul (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Plus Gunung Jembar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Syifa Nurul Komariah 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menceritakan Kembali Teks Fabel Dengan Model Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Plus Gunung Jembar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu kompetensi dasar harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs yaitu kompetensi dasar 3.15 mengidentifikasi informas tentang fabel/ legenda daerah seteampat yang dibaca dan didengar, dan 4.15 menceritakan isi fabel/legenda daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Plus Gunung Jembar Tasikmalaya Tahiun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan 3.15 mengenai mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar terdapat 10 peserta didik (37%) yang belum mencapai KKM dan 17 peserta didik (63%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.7 mengenai menceritakan isi fabel/legenda daerah setempat terdapat 13 peserta didik (48%) yang belum mencapai KKM dan 14 peserta didik (52%) telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks fabel mengalami peningkatan, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM, yaitu 75. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Plus Gunung Jembar tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:50
Last Modified: 03 Feb 2023 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item