PROSES BERPIKIR ANALOGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

MAULANA, IKMAL (2022) PROSES BERPIKIR ANALOGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (124kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (205kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK IKMAL MAULANA. 2022. Proses Berpikir Analogi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir analogi peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil ulangan dimensi tiga, tes soal berpikir analogi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas XII MA Al�Khoeriyah dengan pertimbangan peserta didik yang paling banyak melalui tahapan proses berpikir analogi dari masing-masing kelompok kemampuan awal matematika. Hasil dari penelitian ini adalah (1) S19 dengan kemampuan awal matematika tinggi mampu melalui semua tahapan proses berpikir analogi dan mampu menyelesaikan soal tes berpikir analogi dengan benar. (2) S18 dengan kemampuan awal matematika sedang mampu melalui semua tahapan proses berpikir analogi, namun S18 memperoleh jawaban yang salah. S18 mengalami kesalahan dalam membuat garis bantu yang tidak mengillustrasikan jarak CCTV dengan seluncuran es, sehingga berakibat pada proses-proses pengerjaan berikutnya mengalami kekeliruan. (3) S23 dengan kemampuan awal matematika rendah hanya mampu melalui 2 tahapan proses bepikir analogi yaitu tahap encoding dan inferring. S23 mengalami kekeliruan dalam membuat model area persiapan dan seluncuan es yang hanya berupa bangun datar. S23 mengalami kesulitan dalam menentukan garis bantu untuk mengillustrasikan jarak CCTV dengan seluncuran es. Kata Kunci : Proses Berpikir Analogi, Kemampuan Awal Matematika, Dimensi Tiga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:50
Last Modified: 03 Feb 2023 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8290

Actions (login required)

View Item View Item