MAULANA, IKMAL (2022) PROSES BERPIKIR ANALOGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
4. SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf Download (385kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (192kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (124kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (205kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (740kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (250kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK IKMAL MAULANA. 2022. Proses Berpikir Analogi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir analogi peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil ulangan dimensi tiga, tes soal berpikir analogi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas XII MA Al�Khoeriyah dengan pertimbangan peserta didik yang paling banyak melalui tahapan proses berpikir analogi dari masing-masing kelompok kemampuan awal matematika. Hasil dari penelitian ini adalah (1) S19 dengan kemampuan awal matematika tinggi mampu melalui semua tahapan proses berpikir analogi dan mampu menyelesaikan soal tes berpikir analogi dengan benar. (2) S18 dengan kemampuan awal matematika sedang mampu melalui semua tahapan proses berpikir analogi, namun S18 memperoleh jawaban yang salah. S18 mengalami kesalahan dalam membuat garis bantu yang tidak mengillustrasikan jarak CCTV dengan seluncuran es, sehingga berakibat pada proses-proses pengerjaan berikutnya mengalami kekeliruan. (3) S23 dengan kemampuan awal matematika rendah hanya mampu melalui 2 tahapan proses bepikir analogi yaitu tahap encoding dan inferring. S23 mengalami kekeliruan dalam membuat model area persiapan dan seluncuan es yang hanya berupa bangun datar. S23 mengalami kesulitan dalam menentukan garis bantu untuk mengillustrasikan jarak CCTV dengan seluncuran es. Kata Kunci : Proses Berpikir Analogi, Kemampuan Awal Matematika, Dimensi Tiga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 08:50 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 08:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8290 |
Actions (login required)
View Item |