PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI YANG TERKANDUNG DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Ardiana, Yesi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI YANG TERKANDUNG DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yesi Ardiana, 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai dan Isi yang Terkandung dalam Cerita Rakyat (Hikayat) serta Menceritakan Kembali Isi Hikayat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 revisi. Pada kenyataannya, peserta didik kelas X di MAN 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 banyak yang belum memenuhi KKM. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK) serta menggunkan tiga teknik penelitian (observasi, wawancara dan tes). Sampel penelitian ini ialah peserta didik kelas X IPA 4 yang terdiri dari 31 orang peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X MAN 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 5 orang (16%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 26 orang (84%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 4 orang (13%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 27 orang (87%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 31 orang (100%) berhasilmencapai KKM. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat pada peserta didik kelas X MAN 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:25
Last Modified: 03 Feb 2023 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item