ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI KELAS IX SMP

Gandasari NK, R. Arum (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI KELAS IX SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK R. Arum Gandasari Natakusumah 2022. Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerpen dalam Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Kelas IX SMP. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang sering digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah contoh teks. Dengan adanya contoh teks, peserta didik akan semakin mengerti materi yang sedang diajarkan. Oleh sebab itu, dalam memilih contoh teks, harus diperhatikan sebaik mungkin. Dari permasalahan tersebut, penulis akan melakukan penelitian berupa analisis struktur dan kaidah kebahasaan pada buku kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerpen dalam buku kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri dan untuk mengetahui dapat atau tidak teks cerpen dalam buku kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di kelas IX. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan ialah teknik studi pustaka, dokumentasi, wawancara, teknik analisis teks, serta teknik tes. Populasi penelitian ini sebanyak 15 teks cerpen dan sampel penelitian ini sebanyak 7 teks cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketujuh cerpen terdapat enam cerpen yang memiliki struktur lengkap, cerpen tersebut yaitu, Amplop-amplop Abu�abu, Lukisan Kaligrafi, Kang Kasanun, Ndara Mat Amit, Mubalig Kondang, dan Gus Muslih. Sedangkan cerpen Bidadari Itu Dibawa Jibril tidak memiliki abstrak. Selain itu dari ketujuh cerpen yang penulis analisis terdapat lima cerpen yang memenuhi kriteria bahan ajar sastra berdasarkan aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya. Cerpen tersebut yaitu, Amplop-amplop Abu-abu, Lukisan Kaligrafi, Kang Kasanun, Mubalig Kondang, dan Gus Muslih. Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam cerpen Amplop-amplop Abu-abu, Bidadari Itu Dibawa Jibril, Lukisan Kaligrafi, Kang Kasanun, Ndara Mat Amit, Mubalig Kondang, dan Gus Muslih sangat beragam, yaitu, kata keterangan tempat, kata keterangan waktu, kata keterangan situasi, kalimat deskriptif, majas pertentangan, gaya bahasa pertautan, majas perbandingan, dan kalimat ekspresif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:25
Last Modified: 03 Feb 2023 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item View Item