PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Orang Tua Siswa di SDIT Lisanul Arab Kampung Kalapadua Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut)

AVIATH, SYIFA (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Orang Tua Siswa di SDIT Lisanul Arab Kampung Kalapadua Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (237kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (44kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK SYIFA AVIATH. 2022. PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. (STUDI PADA ORANG TUA SISWA SDIT LISANUL ARAB GARUT). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dalam dunia pendidikan sesuai dengan surat edaran dari pemerintah. Pada anak usia sekolah dasar (SD) pelaksanaan pembelajaran daring membutuhkan peran orang tua di rumah. Pelaksanaan belajar daring memerlukan motivasi dan dorongan dari orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar yang diberikan orang tua pada anak dapat menjadi dorongan untuk anak dalam melaksanakan kegiatan belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Orang tua siswa SDIT Lisanul Arab Garut telah memahami 6 indikator keberfungsian orang tua dalam keluarga ketika melaksanakan kegiatan belajar daring di rumah. Simpulan dalam penelitian ini dengan adanya kegiatan belajar daring di rumah dikarenakan pandemi Covid-19, orang tua bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaannya agar proses kegiatan belajar berjalan optimal, dan pembelajaran daring ini memberi dampak yang dirasakan bagi orang tua, anak dan juga pendidik. Kata Kunci : Peran, Motivasi, Belajar, Covid-19

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:47
Last Modified: 17 Jan 2023 07:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8174

Actions (login required)

View Item View Item