AVIATH, SYIFA (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Orang Tua Siswa di SDIT Lisanul Arab Kampung Kalapadua Desa Mekarsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (399kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (237kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (44kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
Abstract
ABSTRAK SYIFA AVIATH. 2022. PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. (STUDI PADA ORANG TUA SISWA SDIT LISANUL ARAB GARUT). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dalam dunia pendidikan sesuai dengan surat edaran dari pemerintah. Pada anak usia sekolah dasar (SD) pelaksanaan pembelajaran daring membutuhkan peran orang tua di rumah. Pelaksanaan belajar daring memerlukan motivasi dan dorongan dari orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar yang diberikan orang tua pada anak dapat menjadi dorongan untuk anak dalam melaksanakan kegiatan belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Orang tua siswa SDIT Lisanul Arab Garut telah memahami 6 indikator keberfungsian orang tua dalam keluarga ketika melaksanakan kegiatan belajar daring di rumah. Simpulan dalam penelitian ini dengan adanya kegiatan belajar daring di rumah dikarenakan pandemi Covid-19, orang tua bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaannya agar proses kegiatan belajar berjalan optimal, dan pembelajaran daring ini memberi dampak yang dirasakan bagi orang tua, anak dan juga pendidik. Kata Kunci : Peran, Motivasi, Belajar, Covid-19
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8174 |
Actions (login required)
View Item |