ANALISIS KESALAHAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C ASIH MANUNGGAL KOTA BANDUNG

SARI, APRILIANI PUSPITA (2022) ANALISIS KESALAHAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C ASIH MANUNGGAL KOTA BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (566kB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK APRILIANI PUSPITA SARI. 2022. Analisis Kesalahan Belajar Matematika Anak Tunagrahita Di SLB-C Asih Manunggal Kota Bandung. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan anak tunagrahtita dalam menyelesaikan soal matematika dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-C Asih Manunggal Kota Bandung. Subjek penelitian diambil dari anak tunagrahita Sekolah Dasar kemudian diambil 4 subjek penelitian, yaitu anak tunagrahita kategori ringan dan kategori sedang karena atas dasar pertimbangan bahwa anak tunagrahita kategori ringan dan sedang masih bisa diidentifikasi kesalahannya sedangkan anak tunagahita kategori berat sulit diajak berkomunikasi untuk mengumpulkan data penelitian sehingga kesalahannya tidak bisa diidentifikasi. Pengumpulan data terdiri dari tes dan wawancara. Instrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian anak tunagrahita melakukan kesalahan yaitu kesalahan faktual melakukan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, terdapat kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, dan tidak lengkap dalam menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal; kesalahan konseptual melakukan kesalahan dalam memahami konsep berhitung, kesalahan dalam menentukan rumus, dan kesalahan tidak dapat menentukan rumus; kesalahan prosedural melakukan kesalahan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, dan kesalahan tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang berbentuk urain, tidak terbiasa menulis banyak, belum bisa menulis kalimat yang panjang, belum menguasai materi, tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan dan kurang perhatian dari orang tua pada saat di rumah. Kata kunci: Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:08
Last Modified: 09 Jan 2023 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8125

Actions (login required)

View Item View Item