ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REGULASI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

RIFANI, KEKE FITRIA (2022) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REGULASI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Gambar, Lampira.pdf

Download (765kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KEKE FITRIA RIFANI. 2022. ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REGULASI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dalam mempelajari materi biologi diperlukan pemahaman yang mendalam salah satunya dalam mempelajari konsep sistem regulasi karena merupakan konsep yang tergong sulit dipahami karena dikarenakan konsep dengan materi yang padat, absrak dan membutuhkan pemahaman yang mendalam, sehingga teridentifikasi beberapa peserta didik yang mengalami miskonsepsi atau kekeliruan pemahaman konsep peserta didik dengan konsep yang konsep yang sebenarnya. Ditambah peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran telah memiliki pemahaman konsep sebelumnya yang belum tentu benar, sehingga fenomena ini perlu diidentifikasi dan dianalisis dihawatirkan peserta didik memiliki pemahaman yang salah yang dapat terbawa pada sertiap jenjang pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada konsep sistem regulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di MAN 3 Kabupaten Tasikmalaya dan subjek dipilih dengan teknik purposive sampling terdiri dari 57 peserta didik yang terbagi menjadi 32 peserta didik di kelas XI MIPA 2 dan 25 peserta didik di kelas XI MIPA 3. Miskonsepsi ini diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik berupa soal pilihan majemuk dengan reasoning terbuka. Instrument penelitian yang digunakan adalah Three Tier Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peserta didik di kelas XI MIPA 2 mengalami miskonsepsi dengan persentase 14,15%, dan peserta didik di kelas XI MIPA 3 mengalami miskonsepsi dengan persentase 27,06%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab miskonsepsi pada peserta didik di kelas XI MIPA 2 dan peserta didik kelas XI MIPA 3 berasal dari kurangnya kemampuan peserta didik, prakonsepsi yang salah, intuisi yang salah, serta dari buku LKS biologi. Kata kunci: Miskonsepsi, three tier test, dan sistem regulasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:01
Last Modified: 05 Jan 2023 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item