HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KECERDASAN EKOLOGIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X-MIPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

SUSILAWATI, YESI (2022) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KECERDASAN EKOLOGIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X-MIPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (307kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (305kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (516kB)
[img] Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7, daftar isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (568kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (637kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK YESI SUSILAWATI .2022. HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KECERDASAN EKOLOGIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasional di Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Pada abad 21 ini tingkat kecerdasan ekologis mulai menurun, untuk itu peserta didik harus mempunyai rasa peka terhadap isu-isu lingkungan salah satunya dengan memiliki kemampuan kecerdasan ekologis. Selain itu, kemampuan self regulated learning juga penting dimiliki oleh peserta didik sehingga bisa menyadari tujuan apa yang ingin dicapai dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self regulated learning terhadap kecerdasan ekologis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 dengan populasi seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 6 kelas dan sampel diambil dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berdasarkan teknik purposive sampling dengan pertimbangan sampel diambil berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik non-tes berupa angket Motivation Strategy Learning Questionnaire (MSLQ) bagian self regulated learning strategies sebanyak 15 butir soal dan angket kecerdasan ekologis sebanyak 28 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara self regulated learning terhadap kecerdasan ekologis peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 7 Tasikmalaya (R= 0,332; R2=0,110). Kontribusi yang diberikan self regulated learning terhadap kecerdasan ekologis sebesar 11%, sehingga korelasinya rendah. Kata Kunci: Self Regulated Learning; Kecerdasan Ekologis; Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:51
Last Modified: 05 Jan 2023 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8056

Actions (login required)

View Item View Item