PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DAN TIPE KEPRIBADIAN CARLGUSTAV JUNG

Utami, Seni Putri (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DAN TIPE KEPRIBADIAN CARLGUSTAV JUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Lembar dan Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Dll.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teoritis.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB 3 Prosedur Penelitian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB 5 Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK UTAMI, SENI PUTRI. 2021. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gender dan Tipe Kepribadian Carl Gustav Jung. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung dijelaskan oleh adanya interaksi diantara bagian dari masing-masing variabel gender dengan tipe kepribadian Carl Gustav Jung terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey, gender dalam penelitian ini hanya sebatas jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung (ekstrovert dan introvert). Dimana ekstrovert yaitu kepribadian yang berorientasi pada lingkungan. Sedangkan introvert yaitu kepribadian yang berorientasi dalam diri sendiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ex-post-facto. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK Yasbu yang berjumlah 57 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket tipe kepribadian dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang dilakukan dalam pengujian hipotesis adalah uji normalitas, selanjutnya uji anova dua jalur. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender; (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gender, Tipe Kepribadian Carl Gustav Jung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:46
Last Modified: 04 Jan 2023 04:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item