Utami, Seni Putri (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DAN TIPE KEPRIBADIAN CARLGUSTAV JUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (248kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (200kB) |
|
Text
Lembar dan Surat Keterangan Revisi.pdf Download (439kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian Dll.pdf Download (546kB) |
|
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB 2 Landasan Teoritis.pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB 3 Prosedur Penelitian.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
Text
BAB 5 Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (443kB) |
|
Text
Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK UTAMI, SENI PUTRI. 2021. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gender dan Tipe Kepribadian Carl Gustav Jung. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung dijelaskan oleh adanya interaksi diantara bagian dari masing-masing variabel gender dengan tipe kepribadian Carl Gustav Jung terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey, gender dalam penelitian ini hanya sebatas jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung (ekstrovert dan introvert). Dimana ekstrovert yaitu kepribadian yang berorientasi pada lingkungan. Sedangkan introvert yaitu kepribadian yang berorientasi dalam diri sendiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ex-post-facto. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK Yasbu yang berjumlah 57 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket tipe kepribadian dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang dilakukan dalam pengujian hipotesis adalah uji normalitas, selanjutnya uji anova dua jalur. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender; (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi gender dan tipe kepribadian Carl Gustav Jung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gender, Tipe Kepribadian Carl Gustav Jung
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 04:46 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 04:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
View Item |