NEW SOCIAL MEDIA DAN IMAGOLOGI POLITIK ANALISIS FRAMING TERHADAP KONTEN (POLITIK) PADA KANAL YOUTUBE DEDI MULYADI PERIODE 2021

Barokah, Ayu Sabrina (2022) NEW SOCIAL MEDIA DAN IMAGOLOGI POLITIK ANALISIS FRAMING TERHADAP KONTEN (POLITIK) PADA KANAL YOUTUBE DEDI MULYADI PERIODE 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Lembar pernyataan.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Kata pengantar.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar tabel.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar gambar.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Melalui beragam frasa pilihan yang dikemas dalam bentuk audio dan visual, politisi dapat menunjukkan kuantitas-kualitas kinerjanya yang merujuk pada nilai plus atau citra positif dirinya sesuai dengan kepentingan yang ingin dicapai. Untuk mencapai kepentingan�kepentingan tersebut, digunakanlah beragam medium. Medium tersebut salah satunya adalah media sosial. Dedi Mulyadi adalah seorang anggota DPR-RI, yang menggunakan akun Youtube-nya untuk dapat mengajak masyarakat melihat kinerjanya secara langsung melalui jaringan yang terkoneksi. Penelitian ini fokus pada analisis framing terhadap konten dalam kanal Youtube Kang Dedi Mulyadi Channel. Peneliti berusaha melihat bagaimana Dedi Mulyadi membangun citra dalam bingkai dirinya sebagai anggota DPR-RI yang kompeten dan transparan. Dasar teori yang digunakan adalah New Media, Imagologi, dan Analisis Framing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik Analisis Data, Analisis Framing model Robert N. Entman. Teknik pengumpulan data menggunakan studi teks, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Enam video dengan tiga tema yang berbeda (Isu anak-keluarga; lingkungan; dan profesionalitas), dipilih sebagai data primer yang diperoleh dari kanal Youtube Kang Dedi Mulyadi Channel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dedi Mulyadi menggunakan kanal Youtube untuk mempublikasikan kerja, dengan tujuan agar dapat dilihat dan dinilai oleh masyarakat melalui jajak pendapat dalam jaringan yang terkoneksi. Giatnya Dedi Mulyadi membuat video setiap hari semenjak tahun 2020, memberikan konklusi bahwa produksi konten ini jelas direncanakan. Meski menerangkan bahwa tidak pernah mengatur produksi konten, namun untuk konsisten merekamnya tentu merupakan niatan yang sudah tersusun rapi rencananya. Kemunculan sejumlah komunitas penggemar Dedi Mulyadi, mulai dari Followers Kang Dedi Mulyadi, Sahabat Kang Dedi Mulyadi, hingga komunitas yang khusus mendukungnya untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat di 2024, merupakan bukti keberhasilan imagologi yang diciptakan oleh Dedi Mulyadi. Kata kunci: New Social Media, Imagologi Politik, Dedi Mulyadi, Analisis Framing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:17
Last Modified: 03 Jan 2023 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item