ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 PADA CHANNEL YOUTUBE KPU RI

MUNFARID, EGA FAHMI (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 PADA CHANNEL YOUTUBE KPU RI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER EGA FAHMI MUNFARID.pdf

Download (44kB)
[img] Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
06. DAFTAR TABEL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
07. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (114kB)
[img] Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
09. ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
10. BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (18kB)
[img] Text
11. BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf

Download (181kB)
[img] Text
12. BAB III (METODOLOGI PENELITIAN).pdf

Download (15kB)
[img] Text
13. BAB IV (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
14. BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 PADA CHANNEL YOUTUBE KPU RI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti ataupun makna dari setiap iklan kampanye partai politik peserta pemilihan umum 2019 dalam channel youtube komisi pemilihan umum yang beragam serta memiliki ciri khas tersendiri dari setiap partai politik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Ferdinand de Saussure yang dimana merupakan kajian mengenai tanda. Dan tanda menurut Saussure terbentuk atas dua komponen yakni penanda dan petanda. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni pengamatan langsung dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis semiotika dan validitas datanya yaitu triangulasi sumber data yang dilakukan dengan melalui beberapa tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penanda dan petanda yang ada seluruh iklan kampanye partai politik memiliki ataupun mempunyai maksud serta tujuan membangun kepercayaan publik dan menciptakan citra positif dimata publik yang dimana hal tersebut terkandung dalam beberapa hal meliputi pemberitahuan, pengakuan, janji, pesan, dan ajakan partai politik kepada masyarakat serta keyakinan, keinginan, dan slogan partai politik dalam Pemilu. Kata kunci : Iklan Kampanye Partai Politik, Pemilu 2019, Channel Youtube KPU RI, Semiotika Ferdinand de Saussure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:49
Last Modified: 30 Dec 2022 08:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item