MUNFARID, EGA FAHMI (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 PADA CHANNEL YOUTUBE KPU RI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER EGA FAHMI MUNFARID.pdf Download (44kB) |
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf Download (159kB) |
|
Text
05. DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
|
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf Download (22kB) |
|
Text
07. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
08. ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
09. ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
|
Text
10. BAB I (PENDAHULUAN).pdf Download (18kB) |
|
Text
11. BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf Download (181kB) |
|
Text
12. BAB III (METODOLOGI PENELITIAN).pdf Download (15kB) |
|
Text
13. BAB IV (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
14. BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019 PADA CHANNEL YOUTUBE KPU RI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti ataupun makna dari setiap iklan kampanye partai politik peserta pemilihan umum 2019 dalam channel youtube komisi pemilihan umum yang beragam serta memiliki ciri khas tersendiri dari setiap partai politik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Ferdinand de Saussure yang dimana merupakan kajian mengenai tanda. Dan tanda menurut Saussure terbentuk atas dua komponen yakni penanda dan petanda. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni pengamatan langsung dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis semiotika dan validitas datanya yaitu triangulasi sumber data yang dilakukan dengan melalui beberapa tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penanda dan petanda yang ada seluruh iklan kampanye partai politik memiliki ataupun mempunyai maksud serta tujuan membangun kepercayaan publik dan menciptakan citra positif dimata publik yang dimana hal tersebut terkandung dalam beberapa hal meliputi pemberitahuan, pengakuan, janji, pesan, dan ajakan partai politik kepada masyarakat serta keyakinan, keinginan, dan slogan partai politik dalam Pemilu. Kata kunci : Iklan Kampanye Partai Politik, Pemilu 2019, Channel Youtube KPU RI, Semiotika Ferdinand de Saussure.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 08:49 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 08:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8009 |
Actions (login required)
View Item |