HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok, Tahun Ajaran 2021/2022)

AISYAH, DAHLIA (2022) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Dahlia_Pernyataan.pdf

Download (72kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR & DAFTAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6_BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7_BAB 2.pdf

Download (224kB)
[img] Text
8_BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
10_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DAHLIA AISYAH, 2022. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok, Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Pada abad ke- 21, pendidikan tidak hanya mengandalkan pengetahuan saja namun keterampilan juga ikut berperan dalam pendidikan abad ke-21. Beberapa keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik diantaranya keterampilan komunikasi dan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keterampilan komunikasi dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni peserta didik kelas X MIPA 1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner keterampilan komunikasi verbal untuk mengukur keterampilan komunikasi verbal, soal tes essay keterampilan pemecahan masalah untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah, dan prestasi belajar merupakan data hasil ulangan harian materi virus. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi verbal dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar pada materi virus dengan nilai R atau koefisien korelasi sebesar 0,549 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,301. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sedang dengan signifikansi sebesar 0,549 antara keterampilan komunikasi verbal dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Lakbok tahun ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Prestasi Belajar; Keterampilan Komunikasi Verbal; Keterampilan Pemecahan Masalah; Virus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:53
Last Modified: 30 Dec 2022 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item