AISYAH, DAHLIA (2022) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (86kB) |
|
Text
Dahlia_Pernyataan.pdf Download (72kB) |
|
Text
5_KATA PENGANTAR & DAFTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
6_BAB 1.pdf Download (96kB) |
|
Text
7_BAB 2.pdf Download (224kB) |
|
Text
8_BAB 3.pdf Download (256kB) |
|
Text
9_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text
10_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
12_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK DAHLIA AISYAH, 2022. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus (Studi Korelasional dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok, Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Pada abad ke- 21, pendidikan tidak hanya mengandalkan pengetahuan saja namun keterampilan juga ikut berperan dalam pendidikan abad ke-21. Beberapa keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik diantaranya keterampilan komunikasi dan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keterampilan komunikasi dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni peserta didik kelas X MIPA 1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner keterampilan komunikasi verbal untuk mengukur keterampilan komunikasi verbal, soal tes essay keterampilan pemecahan masalah untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah, dan prestasi belajar merupakan data hasil ulangan harian materi virus. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi verbal dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar pada materi virus dengan nilai R atau koefisien korelasi sebesar 0,549 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,301. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sedang dengan signifikansi sebesar 0,549 antara keterampilan komunikasi verbal dan keterampilan pemecahan masalah dengan prestasi belajar peserta didik pada materi virus di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Lakbok tahun ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Prestasi Belajar; Keterampilan Komunikasi Verbal; Keterampilan Pemecahan Masalah; Virus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 00:53 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8001 |
Actions (login required)
View Item |