HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022)

SUPRIADI, FAIZY NURAZIZAH (2022) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, .pdf

Download (661kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (345kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (841kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FAIZY NUR’AZIZAH SUPRIADI 2022 HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Prestasi belajar merupakan keseluruhan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah gaya belajar maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar biologi peserta didik di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 7 kelas yaitu 252 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 peserta didik dengan skor rata�rata Ujian Akhir Semester 1 kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket gaya belajar sebanyak 22 pernyataan dan prestasi belajar diperoleh dari data skor mentah penilaian akhir semester. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis (korelasi pearson) bahwa nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,024 dengan koefisien sebesar 0,265 artinya memiliki hubungan dengan kategori rendah. Kontribusi gaya belajar dengan prestasi belajar adalah 7% sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X MIPA 1 dan XI MIPA 7 di SMAN 3 Garut. Kata Kunci: Hubungan, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:48
Last Modified: 30 Dec 2022 00:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7984

Actions (login required)

View Item View Item