SUPRIADI, FAIZY NURAZIZAH (2022) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (230kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (361kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, .pdf Download (661kB) |
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (200kB) |
|
Text
6. BAB 2.pdf Download (345kB) |
|
Text
7. BAB 3.pdf Download (841kB) |
|
Text
8. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
9. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK FAIZY NUR’AZIZAH SUPRIADI 2022 HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Prestasi belajar merupakan keseluruhan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah gaya belajar maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar biologi peserta didik di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 7 kelas yaitu 252 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 peserta didik dengan skor rata�rata Ujian Akhir Semester 1 kelas X MIPA SMA Negeri 3 Garut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket gaya belajar sebanyak 22 pernyataan dan prestasi belajar diperoleh dari data skor mentah penilaian akhir semester. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis (korelasi pearson) bahwa nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,024 dengan koefisien sebesar 0,265 artinya memiliki hubungan dengan kategori rendah. Kontribusi gaya belajar dengan prestasi belajar adalah 7% sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X MIPA 1 dan XI MIPA 7 di SMAN 3 Garut. Kata Kunci: Hubungan, Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 00:48 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 00:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7984 |
Actions (login required)
View Item |