HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE (Studi Korelasional di Kelas X MIA MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

WASIAH, INTAN (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE (Studi Korelasional di Kelas X MIA MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
04 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, SURAT PERNYATAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK INTAN WASIAH 2022. HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE. (Studi korelasional di kelas X MIA MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar yang dialami peserta didik. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada materi plantae. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA dan sampel diambil dari kelas X MIA 4 berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi belajar berdasarkan empat indikator yaitu attention, relevance, confidence, dan satisfaction sebanyak 27 pernyataan, menggunakan soal kemampuan berpikir kritis sebanyak 13 soal uraian, dan hasil belajar diperoleh dari data ulangan harian materi plantae. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi product moment pearson dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,696. (2) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,509. (3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,742 yang artinya memiliki hubungan yang kuat secara simultan, serta nilai r2 sebesar 0,550 artinya berkontribusi sebesar 55%. Hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada materi plantae. Kata kunci : Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil belajar, Plantae

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:47
Last Modified: 30 Dec 2022 00:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7983

Actions (login required)

View Item View Item