PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS 1 SMA K.H.Z Musthafa Sukamanah Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

ZUHRAH, MUTIARA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS 1 SMA K.H.Z Musthafa Sukamanah Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (761kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (818kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mutiara Zuhrah. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS 1 SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS 1 SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen design dengan bentuk penelitian Non-Equivalent design. Populasi dan sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tasikmalaya berjumlah sebanyak 60 peserta didik, dengan menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Quizizz merupakan salah satu media pembelajaran berbasis digital yang terdiri dari fitur kuis, survey, game, maupun diskusi. Aplikasi Quizizz sendiri dideskripsikan sebagai sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat dijalankan menggunakan internet dan dapat diakses melalui website www.Quizizz.com. Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat melakukan Latihan atau evaluasi di dalam kelas pada perangkat elektronik mereka. Quizizz mengajak peserta didik untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang sudah didapatkan di kelas XI IPS 1 menunjukan adanya peningkatan terhadap minat belajar peserta didik dengan rata-rata pretest adalah 50,40, kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan media Quizizz dengan perolehan nilai rata-rata 61,93. Teknik analisis data yang digunakan berupa Uji validitasi, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil uji hipotesis yang didapatkan adalah sig(2-tailed) 0,00 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata yang berarti terdapat pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar peserta didik kelas XI IPS 1. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Quizizz terhadap minat belajar di kelas XI IPS 1 SMA KHZ Musthafa Sukamanah Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk penulis, pembaca, serta bisa diterapkan oleh pendidik. Kata Kunci: Quizizz, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:47
Last Modified: 28 Dec 2022 06:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7928

Actions (login required)

View Item View Item