RAHMAWATI, RISCHA SITI (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM WALI SONGO DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (154kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (5kB) |
|
Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (14kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (170kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (225kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK v Rischa Siti Rahmawati 182171013. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM WALI SONGO DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022 Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Media Pembelajaran Film Wali Songo Dalam Kegiatan Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Proses Masuk dan Perkembangan Agama Islam di Indonesia Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 20212022 Permasalahan dalam penelitian ini dengan di mulainya menggunakan penggunaan media pembelajaran film untuk masa pembelajaran di sekolah, ini dikarenakan peserta didik kurang tertarik pada pelajaran karena menurut mereka pelajaran yang membosankan, dan sulit dipahami. Guru masih mendominasi proses pembelajaran, sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik membutuhkan media yang menarik, karena selama ini media yang digunakan. Guru banyak menggunakan buku dan sehingga peserta didik merasa jenuh karena menurut peserta didik terlalu monoton. peserta didik menginginkan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik tidak merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan media pembelajaran film guru dapat menggunakan supaya waktu pembelajaran lebih efektif dan dapat menambah daya tarik peserta didik untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Sebagai bentuk usaha untuk mengoptimalkan pembelajaran sejarah, maka perlu juga dibuat atau dikembangkan sumber belajar berbentuk media pembelajaran film dan untuk itu. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan media pembelajaran film Penggunaan, kendala,kekurangan dan kelebihan media pembelajaran film wali songo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data di kumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat di kemukakan melalui media peembelajaran tersebut dapat meningkatkan kualitas peoses pembelajaran film bahwa guru melakukan berbagai persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran agar proses ini menunjukan pilihan yang baik dan melakukan berbagai persiapan melaksanakan pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan penggunaan media film ini di gunakan dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci : Film , Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 06:47 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7927 |
Actions (login required)
View Item |