ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

BAHRI, IBNU HAFIZH (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVAR.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (51kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (65kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (77kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ibnu Hafizh Bahri. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Keirsey. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan tipe kepribadian Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Subjek penelitian ini 16 peserta didik kelas X IPS 3 dan X IPS 4 di MAN 2 Tasikmalaya yang dikategorikan berdasarkan tipe kepribadian menurut David Keirsey dan mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah menurut langkah Krulik dan Rudnick. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik tipe guardian telah melewati keempat langkah pemecahan masalah namun pada langkah membaca dan berpikir kurang maksimal karena keterangan yang diberikan kurang lengkap serta langkah pengerjaannya teratur dan sistematis. (2) Peserta didik dengan tipe kepribadian artisan cenderung tergesa-gesa dalam mengerjakan sehingga melakukan kesalahan dalam pengerjaannya. Tipe artisan telah mampu melalui keempat langkah kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Peserta didik dengan tipe kepribadian rational bisa dikatakan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling baik karena dapat melalui kelima langkah pemecahan masalah matematis. (4) Peserta didik dengan tipe kepribadian idealist hanya memenuhi dua langkah pemecahan masalah matematis yaitu pada langkah membaca dan berpikir serta langkah memilih strategi. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey, Krulik dan Rudnick, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:31
Last Modified: 27 Dec 2022 08:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item