PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian terhadap peserta didik kelas VII MTs PSA Al-Azhariyyah)

INDRIYATI, WULANDARI CITRA (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian terhadap peserta didik kelas VII MTs PSA Al-Azhariyyah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK WULANDARI CITRA INDRIYATI. 2019. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII MTs PSA Al-Azhariyyah). Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang lebih baik antara menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Discovery Learning (DL) dan mengetahui bagaimana kemandirian peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII MTs PSA AlAzhariyyah yang berjumlah 173 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak menurut kelas dari seluruh populasi, terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh nilai thitung = 2,9 dan tdaftar = 2,38 dengan . sehingga disimpulkan bahwa perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada model Discovery Learning (DL). Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematik, model PBL dan model DL serta analisis kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:30
Last Modified: 27 Dec 2022 08:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item View Item