ANALISIS UNSUR PEMBANGUN KUMPULAN TEKS CERITA PENDEK “DUA DUNIA” KARYA NH DINI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI

Pratomo, Pratomo (2020) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN KUMPULAN TEKS CERITA PENDEK “DUA DUNIA” KARYA NH DINI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover_PRATOMO_172121056.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I_PRATOMO_172121056.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II_PRATOMO_172121056.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB III_PRATOMO_172121056.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV_PRATOMO_172121056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_PRATOMO_172121056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_PRATOMO_172121056.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Lampiran_PRATOMO_172121056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan proses pembelajaran memberikan makna bahwa dalam kurikulum terdapat panduan interaksi antara guru dan peserta didik. Hal ini menjadi acuan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks. Oleh karena itu jenis-jenis teks termasuk teks cerita pendek harus menjadi perhatian dalam pembelajaran. Pemilihan bahan ajar merupakan persoalan pokok yang tidak dapat dikesampingkan dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Dalam realitas pendidikan di lapangan, tenaga pendidik dalam hal ini guru mata pelajaran bahasa Indonesia masih menggunakan sumber belajar yang belum variatif. Dengan demikian, risikonya sangat dimungkinkan jika bahan ajar yang dipakai itu tidak kontesktual, tidak menarik, monoton, dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada akhirnya peserta didik akan merasa bosan mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, dapatkah teks cerita pendek dalam Buku Kumpulan Cerita Pendek “Dua Dunia” karya Nh Dini dijadikan alternatif bahan ajar sastra? Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teks cerita pendek dari aspek unsur intrinsik, kriteria bahan ajar dan psikologi pembelajaran sebagai alternatif bahan ajar kelas XI SMA sederajat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik menggunakan pendekatan analisis struktural, subjek penelitian ini adalah unsur pembangun teks cerita pendek dan kriteria bahan ajar. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita pendek dari buku kumpulan teks cerita pendek yang berjudul “Dua Dunia” karya Nh Dini, teks cerita pendek yang diambil sebanyak sampel total 10 teks cerita pendek. Instrumen analisis kesesuaian unsur pembangun dan kriteria bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian unsur pembangun teks cerita pendek, kesesuaian dengan bahan ajar, dan kesesuaian berdasarkan psikologi peserta didik. Hasil akhir dari analaisis menghasilkan bahan ajar berupa LKPD yang di uji kelayakan kepada tenaga pendidik dan uji validator ke peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:23
Last Modified: 22 Dec 2022 08:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7862

Actions (login required)

View Item View Item