HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun Ajaran 2020/2021)

AMELIA, AI ELISA (2021) HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK AI ELISA AMELIA. 2021. HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self directed learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dikelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket self directed learning sebanyak 41 pernyataan, angket motivasi belajar CIS sebanyak 26 pernyataan, dan hasil belajar diperoleh dari data skor PAS mata pelajaran biologi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, dan uji regresi korelasi multivariat untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan antara self directed learning dan hasil belajar (Sig.=0,002 ≤ 0,05); 2) ada korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar (Sig.=0,000 ≤ 0,05); dan 3) ada korelasi antara self directed learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar (Sig.=0,000 ≤ 0,05), dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,862 artinya memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat. Kontribusi self directed learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar adalah 74,3% sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Self Directed Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:22
Last Modified: 22 Dec 2022 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item View Item