PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAM (INFOGRAFIS INSTAGRAM) TERHADAP BERPIKIR KRONOLOGIS PESERTA DIDIK (Quasi-Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Materi Dari Rengasdengklok Sampai Ke Pengangsaan Timur peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021)

FEBRIATIN, GINA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAM (INFOGRAFIS INSTAGRAM) TERHADAP BERPIKIR KRONOLOGIS PESERTA DIDIK (Quasi-Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Materi Dari Rengasdengklok Sampai Ke Pengangsaan Timur peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gina Febriatin. 2021. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAM (INFOGRAFIS INSTAGRAM) TERHADAP BERPIKIR KRONOLOGIS PESERTA DIDIK (Quasi-Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Materi Dari Rengasdengklok Sampai Ke Pengangsaan Timur peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021) ( Quasi Eksperimen pada peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021), Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Infogram terhadap berfikir kronologis peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Karena pada saat proses pembelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya peneliti menemukan masalah terkait kurangnya berpikir kronologis terhadap sebuah peristiwa sejarah. Pertama, Pada saat guru menyampaikan materi peserta didik kurang memahaminya dan terlihat tidak antusias melaksanakan pembelajaran. Kedua, pada saat guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan dari materi pembelajaran, peserta didik tidak mampu mengurutkan peristiwa baik dari tahun maupun kronologis sebuah peristiwa. Ketiga peserta didik tidak mampu mengaitkan peristiwa masa lalu dengan masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Design dimana design ini menggunakan dua kelompok sebagai sampel penelitian yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan datadengan menggunakan metode tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur hasil belajar peserta didik untuk mengetahui apakah peserta didik dapat berpikir kronolgis. Populasi dala penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Pengolahan data dibantu dengan menggunakan SPSS versi 16.0 dengan maksud untuk mempermudah proses pengolahan datanya. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dikelas eksperimen menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap cara berpikir kronologis peserta didik dengan tes awal (pretest) nilai rata-rata 57.37 setalah diberikan perlakuan menggunakan media infogram mendapatkan rata-rata 84.32. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.024 < 0.05, yang dismpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik setalah dilakukan treatment (berpengaruh). Perbedaan perolehan nilai n-gain mempengaruhi juga perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai n-gain sebesar 0,62 dan pada kelas kontrol diperoleh ngain 0,10. Berdasarkan diperoleh nilai ngain antara kedua kelas tersebut maka hipotesis diterima dengan nilai hipotesis man whitney 0.024 < 0.05 , bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap penggunaan media pembelajaran infogram pada materi dari Rengas dengklok Sampai ke Pengangsaan Timur. Kata kunci: Media Pembelajaran Sejarah, Berpikir Kronologis, Infografis Instragram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:22
Last Modified: 22 Dec 2022 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item