EXPLORING EFL STUDENTS’ INTERCULTURAL AWARENESS: AN EMPIRICAL EVIDENCE FROM HIGHER EDUCATION CONTEXT

HADIYANTI, RISMA FUJI (2021) EXPLORING EFL STUDENTS’ INTERCULTURAL AWARENESS: AN EMPIRICAL EVIDENCE FROM HIGHER EDUCATION CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2-APPROVAL SHEET.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9-TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (193kB)
[img] Text
12-CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf

Download (309kB)
[img] Text
13-CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW.pdf

Download (390kB)
[img] Text
14-CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf

Download (335kB)
[img] Text
15-CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
16-CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTIONS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
17-REFERENCES.pdf

Download (430kB)

Abstract

ABSTRAK RISMA FUJI HADIYANTI, 2021. “Exploring EFL Students’ Intercultural Awareness in English Learning: An Empirical Evidence from Higher Education Context”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Bahasa adalah representasi budaya, maka keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Demikian pula dengan pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris yang memerlukan pembelajaran budaya dalam prosesnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran antarbudaya mahasiswa EFL dalam tingkatan perguruan tinggi. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara terhadap empat orang mahasiswa yang telah memiliki pengalaman terlibat dalam situasi komunikasi antarbudaya. Analisis data menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006), dan menunjukan terdapat empat tema utama: 1) The Perceived Knowledge of National Culture, yaitu pengetahuan para mahasiswa mengenai budaya Indonesia seperti mengambil topik pribadi dalam komunikasi sebagai obrolan ringan, dan kecenderungan dalam perbedaan penggunaan bentuk sapaan berdasarkan usia dan posisi seseorang; 2) The Perceived Knowledge of Foreign Culture, yaitu pengetahuan para mahasiswa mengenai budaya orang Inggris dalam komunikasi antarbudaya; 3) Sensitivity of Cultural Differences, yaitu persepsi dan kesadaran para mahasiswa mengenai perbedaan budaya dalam proses komunikasi antarbudaya; dan 4) Attitude in Facing Cultural Differences, yaitu bentuk tanggapan para mahasiswa dalam menentukan sikap yang tepat terhadap perbedaan budaya. Kata Kunci: Kesadaran Antarbudaya, Pembelajar EFL, Komunikasi Antarbudaya, Tingkatan Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:20
Last Modified: 22 Dec 2022 06:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item