INVESTIGATING STUDENTS’ ANXIETY DURING ENGLISH ORAL PRESENTATION IN EFL CONTEXT

DELIS, AI (2021) INVESTIGATING STUDENTS’ ANXIETY DURING ENGLISH ORAL PRESENTATION IN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
7-ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
11-TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (185kB)
[img] Text
15-CHAPTER 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
16-CHAPTER 2.pdf

Download (329kB)
[img] Text
17-CHAPTER 3.pdf

Download (768kB)
[img] Text
18-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
19-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
20-REFERENCES.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK AI DELIS, 2021. “Investigating Students’ Anxiety during English Oral Presentation in EFL Context”. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Kecemasan merupakan masalah yang sering terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris khususnya pada siswa yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun jarang dari para peneliti menelaah kecemasan dalam hal yang lebih spesifik seperti pada presentasi secara lisan dalam Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa ketika melaksanakan presentasi secara lisan dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods (kuantitatif dan kualitatif) jenis sequential explanatory strategy. Dalam kuantitatif angket dipilih untuk memeroleh data mengenai tingkat kecemasan siswa, adapun pertanyaan-pertanyaannya menggunakan FLCAS dari Horwitz, Horwitz, dan Cope (1986) dengan mengadopsi dari artikel Tian (2019). Kemudian, dalam kualitatif wawancara semi terstruktur dipilih untuk memeroleh data mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan siswa yang meliputi 5 pertanyaan yang diajukan. Selain itu, penelitian ini melibatkan siswa pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 di salah satu universitas di Tasikmalaya, yang mana 53 siswa terlibat dalam proses pengambilan data melalui angket dan 5 orang siswa terlibat dalam proses pengambilan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada tiga tingkat kecemasan yang muncul dan tiga faktor yang memengaruhi kecemasan siswa ketika presentasi secara lisan dalam bahasa Inggris. Tiga tingkat kecemasan tersebut terdiri dari Mildly Anxious, Anxious, and Very Anxious, dan sebagian besar siswa mengalami tingkat “Anxious”. Selain itu, tiga faktor yang memengaruhi kecemasan siswa terdiri dari faktor kognitif, faktor psikologi, dan faktor sosial. Kata kunci: Faktor Kecemasan, Presentasi Lisan dalam Bahasa Inggris, Tingkat Kecemasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:36
Last Modified: 21 Dec 2022 01:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item