Dwiyanti, Cindy (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (15kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (128kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGUJIAN SKRIPSI.pdf Download (132kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (123kB) |
|
Text
05 ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (75kB) |
|
Text
06 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (185kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
08 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (157kB) |
|
Text
09 DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (83kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
12 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
13 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
14 BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (276kB) |
|
Text
15 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (526kB) |
|
Text
16 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
17 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK CINDY DWIYANTI, 162165057 (2020). “Pengaruh Efikasi dan Motivasi Belajar terhadap Self Regulated Learning (SRL) dan Implikasinya terhadap Kemampuan Metakognitif pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dibawah bimbingan Drs. H. Syamsudin Arnasik, M.Pd. dan Astri Srigustini, M.Pd. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam proses belajarnya. Salah satu perbedaan tersebut adalah kemampuan untuk mengontrol kesadaran yang disengaja pada aktivitas kognitifnya atau disebut kemampuan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap Self Regulated Learning (SRL) dan implikasinya terhadap kemampuan metakognitif pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah survei eksplanatori. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya yang berjumlah 1.560 dari 10 sekolah. Penarikan sampel sekolah sebesar 50% sehingga diperoleh sampel sebanyak 318 siswa dari 5 sekolah dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menggunakan Path Analysis menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh langsung terhadap Self Regulated Learning (SRL) sebesar 24,56%, motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap Self Regulated Learning (SRL) sebesar 28,79%, efikasi diri berpengaruh langsung terhadap kemampuan metakognitif sebesar 13,49%, motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap kemampuan metakognitif sebesar 14,08%, Self Regulated Learning (SRL) berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif sebesar 19,81%, efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif melalui Self Regulated Learning (SRL) sebesar 4,88%, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif melalui Self Regulated Learning (SRL) sebesar 5,71%. Kata Kunci : efikasi diri, kemampuan metakognitif, motivasi belajar, Self Regulated Learning (SRL)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:35 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7799 |
Actions (login required)
View Item |