SAPARI, SAPARI (2022) AKTIVITAS DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM (Studi di Kelas XI Jurusan IPS SMAN 3 Kuningan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (52kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (245kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (142kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (85kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (243kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
Abstract
ABSTRAK Sapari, 2022. Aktivitas dan Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam (Studi di Kelas XI Jurusan IPS SMAN 3 Kuningan). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan yang mengharuskan kegiatan pembelajaran secara daring. Perubahan cara belajar memerlukan proses adaptasi antara guru dan siswa karena belum terbiasa dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga ditemukan beberapa kendala yang dapat mengurangi efektivitas pembelajaran dibandingkann dengan pembelajaran secara offline. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran secara online ini adalah SMAN 3 Kuningan. Untuk mengetahui kondisi kegiatan pembelajaran daring diperlukan pengkajian yang dapat dilakukan dengan melihat aktivitas dan persepsi siswa pada saat melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan persepsi siswa pada saat melakukan pembelajaran daring dalam masa pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di SMAN 3 Kuningan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IPS yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengolahan data dilakukan sesuai dengan prosedur pengolahan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa yang diukur dari aspek menangkap dan menerima, membaca, bertanya, berpendapat, menjawab pertanyaan serta mengerjakan tugas termasuk ke dalam kriteria yang aktif. Sedangkan untuk persepsi siswa yang dilihat dari aspek penerimaan, pemahaman dan evaluasi menunjukkan kriteria yang baik. Kegiatan pembelajaran daring di SMAN 3 Kuningan terkhusus pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI Materi Mitigasi Bencana tidak terlepas dari kendala-kendala baik secara proses maupun teknik dalam pembelajaran. Kendala-kendala tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi agar pembelajaran daring yang akan dilakukan bisa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Persepsi Siswa, Pemebalajaran Daring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:06 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7793 |
Actions (login required)
View Item |