WAHDIRI, MOHAMAD TESAR (2022) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi Kelas XI MIPA SMAN 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (57kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (95kB) |
|
Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (87kB) |
|
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (119kB) |
|
Text
06 BAB I.pdf Download (84kB) |
|
Text
07 BAB II.pdf Download (95kB) |
|
Text
08 BAB III.pdf Download (567kB) |
|
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
Text
12 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK MOHAMAD TESAR WAHDIRI, 2022. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMAN 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran biologi (studi korelasi di kelas XI MIPA SMAN 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional (studi hubungan). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 182 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak satu kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random smpling dengan hasil kelas XI MIPA 2 sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 15 butir soal dan test motivasi belajar mengunakan angket dari ARCS Keller sebanyak 24 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,402 yang berarti tingkat koefisien korelasi nya sedang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA SMAN 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022 dengan tingkat koefisien korelasinya sedang. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:31 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 02:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7741 |
Actions (login required)
View Item |