PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Agustini, Lispia (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB 4 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Menelaah dan menyajikan teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 belum mampu menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 24 orang (70,6%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 10 orang (29,4%). Pada pembelajaran menyajikan teks eksposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 33 orang (97,1%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 1 orang (2,9%). Pada siklus kedua dalam pembelajaran menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik yang berjumlah 34 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Dihitung secara statistik, data kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks ekposisi pada siklus kesatu dan siklus kedua diperoleh hasil Whitung = 0 < Wtabel . Artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:17
Last Modified: 05 Sep 2019 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item