PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MENURUT EDWARD DE BONO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI DOMINASI OTAK

NURAZIZAH, ICHA SOFIA (2021) PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MENURUT EDWARD DE BONO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI DOMINASI OTAK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Icha Sofia Nurazizah. 2021. PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MENURUT EDWARD DE BONO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI DOMINASI OTAK. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir peserta didik menurut de Bono dalam memecahkan masalah matematik yang ditinjau dari dominasi otak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas XI C SMP Negeri 1 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Subjek dalam penelitian berasal dari tiga kelompok dominasi otak yaitu dominasi otak kiri, dominasi otak kanan dan dominasi otak seimbang, yang selanjutnya diambil satu persatu dari masing-masing kelompok dominasi otak tersebut untuk menyelesaikan soal masalah matematik sehingga diperoleh tiga subjek penelitian yaitu satu subjek dari dominasi otak kiri, satu subjek dari dominasi otak kanan dan satu subjek dari dominasi otak seimbang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dominasi otak, tes soal masalah matematik, think aloud, wawancara dan observasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian dipadu dengan instrumen soal tes dominasi otak, soal masalah matematik, pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik berdominasi otak kiri dalam memecahkan masalah matematik menunjukkan berpikir vertikal dan dalam penyelesaiannya menunjukkan ciri fungsi belahan otak kiri. Peserta didik berdominasi otak kanan dalam memecahkan masalah matematik menunjukkan berpikir lateral dan dalam penyelesaiannya menunjukkan fungsi belahan otak kanan, sedangkan peserta didik berdominasi otak seimbang memiliki proses berpikir vertikal juga berpikir lateral. Namun terdapat perbedaan berpikir vertikal antara peserta didik dominasi otak seimbang dengan peserta dominasi otak kiri yaitu peserta didik berdominasi otak seimbang dalam memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian melalui membaca holistik dan membaca fonetik dengan pendekatan intuitif, sedangkan peserta didik berdominasi otak kiri melalui membaca fonetik, rasional dan detail. Perbedaan juga terdapat antara berpikir lateral peserta didik berdominasi otak seimbang dengan peserta didik berdominasi otak kanan yaitu peserta didik berdominasi otak seimbang dalam menyelesaikan masalah dengan cara analitis dan menunjukkan respon verbal sedangkan peserta didik dominasi otak kanan menunjukkan proses penyelesaian dengan cara berpikir sintetis dan menunjukkan respon non verbal. Kata kunci: proses berpikir, masalah matematik, dominasi otak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:19
Last Modified: 14 Dec 2022 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7629

Actions (login required)

View Item View Item