SIDQI, BURHAN (2022) TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (407kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (469kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (62kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf Download (203kB) |
|
Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
10. BAB IV GAMBARAN UMUM WILAYAH PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
11. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
12. BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
ABSTRAK TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN Oleh Burhan Sidqi NPM 175009078 Dosen Pembimbing: Hj. Tenten Tedjaningsih H. Unang Atmaja Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap atribut-atribut kinerja penyuluh pertanian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik pengambilan responden menggunakan metode sensus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Purwadadi Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis, dari bulan Desember 2021 sampai dengan Agustus 2022 dengan jumlah responden sebanyak 25 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepentingan ke lima dimensi termasuk pada kategori sangat penting, yaitu dimensi berwujud, keandalan, kesigapan, jaminan dan empati. Tingkat kinerja terdapat dua dimensi yang kinerjanya dianggap sangat baik oleh petani yaitu dimensi empati dan keandalan, sementara untuk tiga dimensi lainnya yaitu berwujud, kesigapan dan jaminan masuk ke dalam kategori baik. Atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya yaitu penyuluh membantu dalam penyaluran subsidi kepada petani, penyuluh mampu melakukan praktek langsung di lapangan pada saat pelatihan, kemampuan penyuluh menerima pertanyaan langsung dan mampu menjawab pertanyaan dari petani, kecakapan penyuluh dalam memandu proses belajar petani secara rinci dan jelas, dan pengetahuan penyuluh dalam mengetahui permasalahan di lapangan mengenai hama dan penyakit. Hasil analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori sangat memuaskan. Kata kunci: penyuluhan pertanian, tingkat kepentingan, tingkat kinerja, kepuasan petani
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 06:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 06:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7602 |
Actions (login required)
View Item |